bingung mau kuliah kemana... (galau di kelas XII semester 2)

sekolah cuma tinggal beberapa bulan lagi, trus UN, trus kuliah insya Allah amin... tapi kuliah dimananya masih belum pas, masih bingung. udah bolak-balik BK, konsul sana-sini, sampe ke psikolog juga udah, cuma buat ngomongin tempat kuliah yang pas. tapi, sampe sekarang masih tetep bingung, belum clear, masih samar-samar, belum dapet yang pasti. kenapa sih, semua orang kalo gue nanya pa/bu jurusan *** yang bagus dimana? pasti pada jawab, semua juga bagus, tergantung kita nya. trus gue tanya lagi, pa/bu kalo jurusan *** sama jurusan *** prospek nya lebih cerah mana yah? pasti jawabnya semua orang itu, pasti udah ada rizki nya, jadi ngga usah khawatir, tinggal kitanya aja, serius apa ngga.

ok, gue ngerti semua itu tergantung kita nya, rizki juga emang udah ada masing-masing. gue tuh cuma butuh jawaban yang jelas, beserta alasan-alasan. jujur, gue bingung banget mau nulis apa di formulir SNMPTN undangan yg dari skolah, pilihan pertama apa? kedua apa? masih nge-blank banget nih di otak gue, hampir tiap hari gue mikirin ini, tapi tetep belum clear.

nominasi PTN gue:
1. Untirta, gue pengen masuk untirta, denger-denger sekarang untirta udah bagus, yaudah oke-lah gue masukin nominasi akhirnya, tapi gue pengen masuk untirta lewat jalur PMDK, tapi sampe detik ini, untirta belum ngirimin surat undangan ke sekolah gue, gimana donk....
kata guru BK di sekolah gue, taun ini mungkin ngga ada PMDK dari untirta, tapi gue survey langsung ke tempat nya, gue tanya sama sekre. fakultas ekonomi di untirta, katanya taun ini juga tetep ada PMDK, khususnya buat yang berdomisili Banten, meskipun ada SNMPTN undangan. tapi realitanya, surat undangan belum juga nyampe, padahal jarak serang-cilegon kan deket. PMDK UNS aja udah nyampe ke sekolah gue. jadi kesimpulannya gue masih bingung....

2. D3 IPB. uang formulir udah ada di tangan, tapi ngga tau kenapa gue masih ragu buat beli formulirnya, akhirnya gue konsul ke psikolog di tempat les gue, Bu, lebih baik mana D3 IPB sama S1 Untirta? trus kata ibu psikolog nya kenapa ngga yang S1 aja? (malah nanya balik, psikolog nya.. :) hehehhe) akhirnya gue simpulin, lebih baik yang S1. berarti D3 IPB udah gugur... (gue ngga jadi daftar)

3. UPI Bandung. Bandung, jauh tuh dari rumah gue. tapi untung nya ortu gue setuju-setuju aja gue kuliah jauh, kecuali Jakarta, ortu gue ngelarang gue kuliah di jakarta, katanya biaya hidup disana mahal, yaudah okelah gue ikutin. sebebenernya alesan gue simple gue pengen ke UPI Bandung, karna di sana tempatnya dingin, sejuk, adem. lo tau sendiri kan, cilegon panas nya amit-amit, bikin gue gosong kaya gini, gue pengen metamorfosis kaya dulu SMP dimana gue ngga se-item sekarang, hahhahahaha sebenernya itu alesan ngga penting nya. yang paling penting itu, yang gue tau UPI bandung, bagus lah, katanya apalagi buat jurusan pendidikannya. yah poko nya gitu lah, cuma gue yang tau alesan yg jelas nya gue pengen kesana, susah jelasinnya kalo disini. oia, gue milih kesana juga, karna disana udah lumayan bagus, tapi passing grade nya ngga terlalu tinggi.

4. UNY, ngga ada alesan pasti gue pengen kesana. cuma ngikutin saran dari tempat les gue, waktu gue tunjukin fotokopi rapot gue, katanya kalo mau aman (maksudnya, kalo mau langsung di terima waktu ikut SNMPTN undangan, biar ngga usah ikut SNMPTN tulis) pilih UNY, UNILA, trus apalagi gitu, gue lupa, pokonya gue tertarik ke UNY nya aja, jadi sekarang UNY masuk nominasi. hasut gue dong buat ke UNY, gue orang nya gampang terpengaruh ko... biar gue ada minat kesana, karna untuk saat ini gue minat banget ke UPI bandung, karna tempat nya enak, buat lo yang mau bantuin nge-hasut gue, lo cari perbandingan yah, antara bandung sama jogja, OK. tolong dong.....

5. UGM. dulu gue pengen banget masuk sana, karna yang gue tau akuntansi paling bagus disana. tapi sekarang, UGM udah tinggal nama di pikiran gue, udah gue buang jauh-jauh, gue sadar kayanya gue ngga bisa masuk sana. gue akuin gue emang pesimis, terserah kalo lo mau bilang gue pengecut (kalah sebelum bertempur) tapi gue udah pikirin hal ini berulang kali, gue ngga mungkin bisa, nilai rapot gue aja berapa? gue ngga mau sia-siain kesempatan SNMPTN undangan gue, gue maunya SNMPTN gue langsung keterima, biar ngga usah ikut SNMPTN tulis lagi. Amin
kalo masalh UGM gue pikir nanti dulu deh, mungkin ntar S2 nya gue kesana.Amin tapi sekarang gue mau cari tempat yang cocok sama kemampuan gue dulu, karna untuk saat ini, kayanya gue masih belum nyampe kalo ke UGM, tau ah pusing, jadi berantakan lagi ngomongnya, pake ngomongin S2 segala lagi,,, udah udah yg ini sampe sini aja.

sekarang nominasi jurusan

1. Akuntansi, kenapa gue milih akuntansi? dari semua pelajaran inti IPS nilai gue paling bagus akuntansi ke-2 matematika. pokonya gue bisa ngitung lah, karna dari IPS ngga ada jurusan matematika, yaudah gue pilih akuntansi, gue ngga mau sia-siain kemampuan gue dalam bidang menghitung, hahahahha. kalo ngomongin prospek juga, kaya nya akuntansi sampe kapanpun tetep ber-prospek cerah, ya lo pikir aja, semua perusahaan, pasti butuh yang namanya akuntan, instansi apapun itu, pasti butuh yang namanya akuntan, menurut gue sih gitu....

2. TP (teknologi pendidikan). gue tertarik sama jurusan yang satu ini, karna gue juga ada minat di bidang teknologi, gue liat sekarang indonesia udah mulai melek teknologi, udah banyak guru-guru yang pake software pembelajaran untuk latihan soal dan nyampein materi, gue liat untuk beberapa tahun ke depan, mungkin prospek nya cerah. jurusan ini cuma ada di beberapa univ. di indonesia. UNJ, UPI, UNM dll.

3. pendidikan akuntansi. masih sama kaya yg no.1 tapi kalo yg ini bedanya nanti gue jadi guru, tapi gue belum yakin pengen jadi guru, takut kena karma

4.akuntansi perpajakan. di PTN mana sih yang ada S1 perpajakan? gue cari ko ngga ada, adanya cuma D3-nya.


sementara ini sih gue dapet nya kaya gini:

UPI dengan jurusan teknologi pendidikan/akuntansi/pend.akuntansi
UNTIRTA dengan jurusan Akuntansi

tapi gue masih belum sreg, belum yakin 100%
tanggal 22 nanti gue ikut UDO, mudah-mudahan pulang UDO gue udah dapet pilihan yang bener-bener gue yakinin 100% amin

gue sadar, sebenernya yang bikin bingung itu, gue nya sendiri, jadi pada dasarnya keputusan gue udah 50:50 tinggal gue nya aja yang harus bisa ngerubah 50 itu jadi 100%. gue juga tau, meskipun gue tanya sana-sini, keputusan tetep ada di gue juga. kalo udah kaya gini, biasanya gue maksain meskipun belum yakin 100% gue harus maksa ngambil keputusan, setelah gue ngambil keputusan, biasanya gue anggap itu keputusan paling baik, karna gue ngga mau ada rasa penyesalan.

gue juga sadar, seharusnya gue mikirin UN dulu, hahhahaha tapi gue ngga bisa berenti mikirin sesuatu problem kalo belum clear. jadi, satu-satunya cara supaya gue lebih fokus UN, ya gue harus ngambil keputusan dulu...

LIFE IS FULL OF CHOICE, semakin banyak pilihan semakin bingung.

Share

0 komentar:



Posting Komentar

Powered By Blogger

Kacung. . .