apa salah nya nyoba?

Ortu gue nyaranin nya di Untirta, gue ngerti ko kenapa ortu gue selalu nyaranin gue kesana. Alesan mereka emang logis, dan maksudnya emang bagus, ortu gue nyaranin Untirta aja, ngga usah tinggi tinggi, mereka bilang takutnya gue daftar ke tempat yang jauh trus ngga di terima, sedangkan ada yang deket malah ngga daftar. Jadi maksudnya, mereka takut gue ngga keterima di tempat yang tinggi tinggi, pas mau daftar di Untirta, udah ngga ada kesempatan. Itu menurut ortu.

Beda lagi kalo menurut gue, kalo gue mikirnya, alahamdulillah nya gue kan dapet kesempatan SNMPTN undangan, seperti banyak orang bilang, jalur ini tuh kaya jalur untung untungan, nah menurut gue ini kesempatan yang bagus, buat gue nyoba masuk Univ yang grade nya tinggi, kaya UI, UGM, Unpad dll. Gue, udah ada pola, kalo gue ngga dapet yg di snmptn undangan, kan masih ada tulis, ya emang jalur tulis lumayan susah, tapi kan gue mau berusaha Insya Allah. Jadi, sebenernya gue ngga terlalu takut, gue tau Allah udah atur semua, kalo gue dapet undangan, mungkin emang itu yang terbaik. Kalo gue ngga dapet yang undangan mungkin emang itu juga yang terbaik. Kalo gue ngga dapet yang di jalur tulis, mungkin Allah punya rencana besar di balik itu semua, Insya Allah gue terima semua yang udah Allah takdirkan, Insya Allah gue ngga takut sama yang namanya kegagalan, karna gagal adalah kulit dari kesuksesan. Sebisa mungkin gue buang jauh jauh yang namanya pesimis, pikiran buruk, takut, karna gue tau, pikiran pikiran atau omongan omongan gue bisa jadi kenyataan. Misalnya “aduh, takut ngga bisa” Insya Allah beneran ngga bisa. Gue harus selalu optimis, ketika gue takut dan gelisah, gue bilang “all is well, all is well”. Jadi intinya gue tetep dengan pendirian gue, Akuntansi UI. Gue ngga peduli banyak yang bilang, peluang nya kecil, gue tetep pengen berusaha.

Kenapa gue milih UI?
Beberapa bulan yang lalu, gue pengen UGM, trus gue juga pernah saking galau nya, udah pusing mikirin hal ini, gue putusin untuk milih Untirta. Pernah juga, gue kepikiran ke UPI. Trus, ada motivasi lagi, gue kekeh di UGM lagi. Setelah pengumuman ranking parallel keluar (untuk nentuin, siapa aja yang dapet kesempatan di snmptn undangan) Alhamdulillah nya gue dapet. Guru BK nyaranin, buat yang dapet itu kalo bisa jurusan atau univ nya ngga sama. Jadi, kalo jurusan nya sama, univ nya jangan sama, begitu juga kebalikannya. Awal nya kan gue Akuntansi UGM, tapi disana udah ada orang number one di IPS, ya disana ada Falen, bisa aja sih gue gambling, tapi gue ciut duluan payah. Bingunga gue disini, gue pengen milih jurusan lain, tapi tetep di UGM, gue liat liat, ngga ada yang gue minatin lagi, manajemen, psikologi, HI, gue ngga minat semua itu, gue ngga suka kalo belajar Cuma teori. Gue pikir, di UGM gue ngga ada pilihan kedua, kesempatannya juga mungkin kecil, karna di tingkat sekolah aja, gue udah bersaing sama orang number one, dan itu belum tentu menang, bahkan kalo diliat dari jumlah nilai udah kalah, sudahlah lupakan. Lagi pula, angkatan gue taun ini, banyak banget yang milih UGM, lagi naik daun nih..

Trus gue lirik si UI, yang ngga terlalu banyak pengen kesana, mungkin orang orang juga sama kaya gue, ngeliat UI itu pesimis, dulu gue juga pengen ke UI, tapi gue pikir, Jakarta pasti biaya hidup mahal, UI bayar semester nya gede dll lah, gue buang jauh jauh aja UI dari pikiran gue, gue pikir, ngga usah mimpi lah masuk UI.

Tadinya, di Akuntansi UI udah ada Seva yang milih, dia kan ranking nya diatas gue, jadi gue ngga mau gambling sama dia, tapi di UI gue ada pilihan lain, di sana ada Administrasi Fiskal alias perpajakan. Gue lumayan tertarik, karna ada itung itungannya, kan di univ yang lain gue Cuma punya satu pilihan, Akuntansi doang, tapi disini gue masih bisa milih adfis. Yaudah, sementara gue milih itu. Sampe suatu hari, gue di panggil ke BK, jadi di sana ada 2temen gue yang pengen ngambil Akuntansi UI, tapi mereka bingung, gue mau ngambil Akuntansi di UI apa ngga, karna mereka juga udah denger gue mau masuk UI, tapi gue nya masih ngambang, jadi mereka bingung. Terahir gue tau kan, Akuntansi UI udah ada penunggunya, yang ranking nya di atas gue, eh tau nya si penunggu tadi ternyata udah pindah jurusan, tapi ada temen gue yang dua orang tadi, mereka nanya, gue masuk Akuntansi apa ngga? Gue liat, ngga ada yang rankingnya di atas gue, yaudah akhirnya gue ambil kesempatan itu. Dua temen gue yang tadi, sama nasib nya kaya gue waktu mau milih UGM. Akhirnya mereka pindah jurusan yang satu ke Administrasi Fiskal, yang satu lagi ke Administrasi Negara. Sampe tanggal 23 Februari, Alhamdulillah belum ada orang yang ranking nya di atas gue yang mau Akuntansi UI. Lumayan lega,

Masalah selanjutnya adalah, orang tua. Dari awal sebenernya mereka udah bilang, jangan di Jakarta, dengan alasan, biaya hidup di sana mahal. Gue bingung, sedih, tapi mau gimana lagi? gue malah di skak mat waktu gue bilang “ngga ko, kata temen saya yg kaka nya kuliah di sana, ngga terlalu mahal” gue malah di cekal, kata nya “emang kamu udah tinggal di sana?” mampus gue, jawab apa? Emang gue belum pernah tinggal di sana. Beberapa hari kemudian kita diskusi lagi, gue bilang, masalah uang pangkal, gue liat dari internet disesuaikan sama penghasilan ortu. Di sana juga kan banyak beasiswa, gue pikir bisa lah gue berusaha untuk dapetin beasiswa itu, jadi ngga terlalu nge bebanin ortu. Orang tua gue, tetep ngga mau ngasih ijin, dan gue belum dikasih uang pendaftarannya, lagi lagi ortu gue nyaranin ke Untirta. Sumpah gue frustasi banget ngomongin hal kaya gini, gue kesel banget, trus gue bilang, kenpa sih untirta terus untirta terus, saya tuh Cuma pengen kuliah di tempat yang bagus. “emang nya untirta ngga bagus” ya kalo di bandingin sama UI jauh lah (gue kesel). Gue tuh, bukannya ngga mau ke untirta, gue Cuma pengen nyoba ke tempat yang lebih bagus, gue milih UI bukan karna almamater nya, karna yang gue tau disana bagus, fasilitas lengkap, dan yang lebih bikin gue pengen, disana lo bisa nginjek yang namanya BI, lo bisa magang di BI. Di balik itu semua, gue bener bener pengen belajar di sana. Dari pengalaman gue, tempat lo belajar itu emang ngaruh, lo ketempat yang bagus, lo juga pasti ketularan, meskipun gue ngga jadi orang nomor satu, tapi gue tetep dapet banyak pelajaran berharga.

Gue, ngga mau di Untirta why? Sebenernya gue mau kesana, tapi nanti, setelah gue nyoba univ yang gue pengen dulu, kalo gue ngga dapet undangan, nanti tulis juga gue milih untirta. Gue kurang minat kesana bukan masalah univ nya. Gue Cuma ngebayangin kalo gue di untirta, pasti gue bolak balik, ngga mungkin di bolehin nge kos, Cuma naik bis, pulang lagi ke rumah, gue ngerasa, jadi apa gue, bertahun tahun disini terus, gue pernah baca “5tahun di tempat yang sama, lingkungan yang sama, ngga akan ada perubahan” gue ngga mau kaya gitu, gue pengen mandiri, gue mau ngerasain yang namanya nge kos, gue pengen berubah, gue yakin gue pasti bisa.

Setelah debat, besoknya ortu gue ke sekolah, ke BK, konsul ke BK. Awesome, ngga tau di omongin apa sama BK, ortu gue udah berani bilang “terserahlah, yang mau belajar siapa. Tapi kalo tetep milih UI, nanti jangan nyesel kalo ngga diterima” dalem hati gue, ngga masalah, hasil mah urusan nanti, yang penting gue udah dapet ijin dan uang pendaftaran, Alhamdulillah. Meskipun yang gue rasain, belum di ijinin sepenuhnya, tapi ah mungkin itu Cuma perasaan…

Huft, lega udah ngeluarin uneg uneg

Share

0 komentar:



Posting Komentar

Powered By Blogger

Kacung. . .