Cara belajar buat yang meles belajar supaya nilai besar

23 desember kemaren gue baru terima rapot, dan angka-angka yang tertulis di rapot gue, bikin gue pengen senyum terus, gue suka angka-angkanya. Gue seneng, berarti cara belajar gue berhasil. Maka dari itu, gue pengen share cara belajarnya orang males kaya gue. Jujur, gue jarang banget belajar kerjaan gue sehari-hari ngoprek laptop, dengerin musik, main game, nonton film, liat MV dll. Tapi ko bisa ya, gue dapet nilai yang bisa di bilang bagus. Jangan salah sangka atau negative thinking dulu, gue ngga bener-bener ngga belajar kali… gue ikut bimbel dari jam 15.45 s/d 19.30 itu kalo hari senin dan rabu. Selasa-kamis gue ikut les b.inggris buat masa depan gue. Jadi, senin-kamis gue ikut les, itu bikin gue cape banget, jadi gue ngga pernah belajar. Tapi, gue punya trik supaya nilai gue tetep bagus.

1.Tekan kan belajar di sekolah dan di tempat les, buat lo yang males belajar di rumah, trik nya jangan Cuma PP (pulang pergi) ke sekolah dan ke tempat les. Di kelas lo harus bener-bener perhatiin guru lo, lo harus ngerti apa yang di pelajarin di sekolah, kalo lo ngga ngerti lo harus Tanya langsung ke guru atau ke temen lo, ngga usah di tunda karna orang males ngga mungkin belajar apalagi cari tau di luar jam pelajaran. Kalo lo masih tetep ngga ngerti atau masih suram, tenang aja, masih ada satu kesempatan lagi buat lo ngerti. Tempat les, itu sangat berguna banget buat lo, kalo lo merhatiin apa yang di pelajarin, menurut gue suasana tempat les lebih asik buat belajar, kalo lo butuh suasana eksklusif buat belajar, kaya gue. Gue semanget belajar kalo tempat nya nyaman, ngga panas dan santai. Materi yang di pelajarin di sekolah kan udah pasti sama, sama pelajaran di sekolah jadi kalo lo udah bener-bener perhatiin apa yang lo pelajarin di sekolah dan di tempat les. Selesai perkara lo untuk mengerti apa yang orang rajin pelajarin. Jadi, maksud gue lo udah setara sama orang yang rajin baca buku, meskipun lo ngga pernah baca buku lo di rumah.

2.Manfaatin waktu exclusive lo. Se males apapun lo, lo pasti pernah kan ada niatan untuk belajar, ini yang gue maksud waktu exclusive. kalo yang gue alami sih, waktu ini dateng nya ngga tentu, dan Cuma bertahan beberapa menit, seringnya sih gue ngga nyampe 1 jam. Kalo lo ada niatan pengen belajar jangan buang waktu lo untuk baca materi yang udah lo pelajarin dari awal sampe akhir, karna gue yakin lo ngga akan selesai baca 1 materi, dan ngga mungkin lo selesai baca 1 buku. Hal yang paling bermanfaat ketika lo punya waktu exclusive adalah ngerjain soal. Kalo buat orang yang hobi nge-game sih biasanya punya rasa penasaran yang lumayan tinggi, jadi kalo lo nemu soal yang materinya udah lo pelajarin tapi lo lupa caranya, pasti lo buka buku buat liat rumusnya, kalo lo sering ngerjain soal lo bisa hafal di luar kepala materinya. Kalo udah kaya gini, bukan hal yang mustahil buat dapetin nilai 80 ke atas, meskipun lo males belajar.

3.Beli buku latihan soal bukan ringkasan materi. Buat orang males, jangan coba-coba ngoleksi buku ringkasan materi, karna lo ngga akan baca itu buku meskipun materinya udah singkat, jelas dan padat. Ini pengalaman gue, buku itu nganggur jarang gue baca. Buat orang yang males belajar, buku yang harus lo beli ketika lo ke toko buku, adalah buku latihan soal dan pembahasannya, buku ini gue rasa sangat bermanfaat karna, ketika lo lagi ngerjain soal trus lo lupa materinya, lo tinggal liat pembahasannya. Enak banget kan punya buku kaya gini, satu buku tapi udah mencakup semua, ya gue kasih tau aja, beli buku latihan soal UN yang tebel nya lumayan. Buku ini berguna banget. Dengan begini, buat lo yang udah kelas 3 dan mau ujian, ini amat sangat membantu lo untuk prepare UN, kalo lo sering pegang itu buku, bukan Cuma nilai rapot lo yang besar, ada kemungkinan lo nguasain materi UN yang di ambil dari kelas 1 dan 2. Kan ngga mungkin banget gitu, orang males nyari-nyari buku paket kelas 1 dan 2 Cuma buat baca ulang.

4.Kerjain apa yang lo mau. Turutin aja semua keinginan lo, kalo lagi pengen main game ya main aja, kalo lagi pengen nonton film, ya nonton aja. kalo lo lagi bosen belajar, ya jangan di paksa, sia-sia kalo lo tetep maksa. Setelah lo turutin semua keinginan lo untuk bersantai-santai ria, lo tenang aja, nanti akan ada tuntutan dari diri lo untuk melakukan hal yang berguna (belajar) ada waktunya lo bosen sama hal-hal yang bikin lo lupa waktu, ada waktunya diri lo menuntut untuk bertanggung jawab kepada orangtua yang udah ngeluarin biaya untuk sekolahin lo, akan ada waktu di mana lo sangat pengen belajar. Lakukan apa yang lo mau.

5.Sesuaikan cara belajar dengan hal yang lo suka. Kalo lo lebih suka teknologi buatlah cara belajar lo berteknologi. Kalo lo sering ngoprek laptop, pasti lo suka sama yang berbau teknologi, ya lo cari aja materi pelajaran yang berteknologi. Contohnya gue lebih suka baca materi pelajaran dalam bentuk visual, di bandingkan baca di buku. Solusinya, gue download materi pelajaran berbentuk power point atau flash. Selesai perkara, lo bisa belajar di depan laptop sambil dengerin lagu kesukaan lo, kalo lo bosen ya tinggal di buka aja game nya. Ini tempat gue biasa download materi pelajaran, tapi khusus untuk pelajar SMA www.psb-psma.org disini lo bisa download materi pelajaran dari kelas1-3 SMA, dengan syarat menjadi member, gampang ko tinggal bikin akun, trus lo bisa download sepuasnya. Materi-materi presentasi kaya gini, sangat cocok untuk belajar singkat ketika lo mau ulangan, misalnya lo besok mau ulangan, ya lo baca aja malemnya, sama pagi. Pasti ada yang nyangkut di otak lo.

6.Terlihat sepele, tapi sangat membantu, yaitu Doa. Ngga usah sombong deh lo jadi manusia, tetep berdoa sama Allah. Usaha-usaha lo akan berhasil dan menjadi sangat sukses jika usaha lo diiringi dengan doa.

7.Hindari hal-hal yang sangat mendominasi. Hal yang mendominasi dalam hidup gue adalah internet, gue bisa jadiin waktu tiga jam terasa seperti 1 jam di depan internet, gue ngerasa ini bener bener bawa pengaruh buruk buat gue, apalagi facebook waktu gue bener-bener kebuang, jadi sekarang gue stop facebook, tapi kadang masih sering chatting atau YM. Lumayan ngebantu, sejak gue stop untuk ngoprek FB, gue jadi punya kegiatan lain di internet, gue jadi bisa ngurus blog gue lagi, dan gue bisa nyelesain level-level di game yang gue mainin. Menurut gue game itu bagus untuk ngebantu kita jadi lebih pinter, banyak main game bisa bikin ingatan lo kuat, bisa bikin lo berambisi dalam mengerjakan sesuatu, ya ngga terlalu jelek-jelek banget lah.
Kayanya segitu dulu deh, tips dari gue, good luck ya. . .

Share

0 komentar:



Posting Komentar

Powered By Blogger

Kacung. . .